5 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

5 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

73
0

5 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Seberapa puas anda dengan kualitas hidup anda sekarang, anda selalu dapat mempelajari cara-cara baru untuk mendapatkan tambahan nilai untuk keuntungan anda sendiri dan untuk kepentingan orang lain. Anda tidak harus membuat perubahan besar dalam hidup anda untuk menuai hasilnya; perubahan kecil dapat menyebabkan peningkatan besar dari waktu ke waktu.

Dengan mengambil tindakan kecil setiap hari anda benar-benar akan melihat perbedaan besar dalam hidup anda. Mengelola hidup anda dengan lebih baik dapat menyebabkan anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang anda sukai, menjadi lebih efisien dan produktif.

Lima cara berikut ini, jika anda berkomitmen untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh, akan meningkatkan kualitas hidup anda.

Menetapkan Tujuan

Penentuan tujuan sangat penting, karena memungkinkan anda untuk menemukan apa yang anda inginkan dari hidup! Dengan menetapkan tujuan, anda dapat melihat apa yang ingin anda capai dan kemudian anda dapat menggunakan tujuan tersebut untuk mengingatkan diri anda setiap hari mengenai apa yang bermakna dalam hidup anda, dan apa yang anda perlu anda lakukan secara teratur untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan menuliskan tujuan anda dan melihatnya setiap hari, anda akan mengatur waktu anda lebih baik serta melihat dengan jelas langkah-langkah yang perlu anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Komitlah untuk menuliskan tujuan-tujuan anda, setelah itu susunlah rencana tindakan (action plan) untuk mencapainya.

Luangkan Waktu untuk Diri Anda Sendiri

Anda mungkin memiliki sebuah kehidupan yang sibuk, entah itu pekerjaan, keluarga dan komitmen lainnya, sehingga mustahil rasanya meluangkan waktu untuk diri anda sendiri. Masalahnya adalah ketika orang-orang yang sangat sibuk memiliki waktu luang, mereka justru merasa bersalah jika melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri. Sebuah cara yang positif untuk memastikan bahwa anda sudah siap untuk menggunakan waktu luang untuk kepentingan anda sendiri adalah dengan mengaturnya di depan.

Luangkan waktu satu jam untuk diri anda sendiri. Tulis dalam buku harian anda. Jika anda tidak punya buku harian maka saya sarankan anda membeli satu sesegera mungkin! Anda juga dapat menggunakan tablet anda atau salah satu dari banyak fasilitas online.

Perlakukan waktu untuk diri anda sendiri tersebut sebagai janji penting dan jangan sampai anda batalkan hanya karena ada kesempatan bagi anda untuk melakukan beberapa pekerjaan tambahan atau membantu orang lain. Bahayanya di sini adalah jika anda tidak pernah memberikan diri anda waktu untuk melakukan apa yang perlu anda lakukan, maka anda akan selalu mengejar sesuatu dan tidak pernah merasa puas.

Memiliki dan menikmati waktu untuk diri sendiri bukan selalu berarti melakukan hobi-hobi anda, anda hanya perlu mengatur waktu anda untuk melakukan hal-hal dasar yang perlu anda lakukan untuk menjadi bahagia. Ini akan bervariasi untuk masing-masing individu. Bagi sebagian orang, hal ini dapat berarti memiliki rumah bersih atau memastikan bahwa mereka tetap berhubungan dengan kerabat dekat dan teman-teman.

Komitlah untuk mengambil cukup waktu untuk diri anda sendiri, sehingga hidup anda terkendali dan anda merasa sukses.

Merancang Puzzle Hidup Anda

Merancang puzzle hidup anda berarti pertama-tama anda mengevaluasi hidup anda dan mencari tahu bagaimana anda menghabiskan waktu anda; dan kedua bagaimana perasaan anda terhadap hal tersebut; sehingga ketiga anda dapat menjelaskan perubahan apa yang anda butuhkan untuk membuat kehidupan yang anda inginkan.

Setelah anda melakukan langkah pertama, akan menjadi jelas bagi anda, dan anda akan melihat bagian dari hidup anda yang perlu mendapat perhatian. Mengetahui prioritas akan membantu anda membuat keputusan yang otentik dan kongruen, yaitu keputusan yang datang dari anda sendiri, yang telah dipikirkan matang-matang dan terencana.

Komitlah untuk meluangkan waktu yang diperlukan untuk merancang puzzle kehidupan anda.

Bangun Lebih Pagi

Bangun tidur lebih pagi merupakan tantangan besar bagi kebanyakan orang, namun anda akan menemukan bahwa bangun tidur empat puluh lima menit lebih cepat dari biasanya akan memperbaiki kualitas hari anda. Selama waktu itu, anda dapat berpikir tentang apa yang harus anda lakukan di sepanjang hari tersebut dan mempersiapkan diri anda dengan lebih baik.

Tentu saja tidak harus 45 menit, bisa lebih atau kurang, namun empat puluh lima menit tampaknya waktu yang cukup untuk membuat perbedaan nyata pada hari anda. Anda dapat mempersiapkan diri anda untuk melakukan yang terbaik yang anda bisa. Anda akan lebih produktif dan akan membuka waktu bagi anda untuk melakukan hal-hal lain. Pikirkan seberapa baik perasaan anda tentang diri anda jika anda berkomitmen untuk mengikuti rencana yang telah anda susun!

Komitlah untuk pergi tidur lebih awal dan bangun tidur empat puluh lima menit lebih cepat dari yang biasanya anda lakukan.

Membantu Orang Lain

Respon pertama anda untuk hal ini mungkin ‘Bagaimana ini akan membuat hidup saya lebih baik?’ Membantu orang lain benar-benar meningkatkan kehidupan kita, dan beberapa dari anda mungkin sudah mengetahui tentang ini karena anda terbiasa membantu orang lain secara teratur. Meluangkan waktu anda untuk orang lain, atau untuk tujuan baik lainnya, akan meningkatkan kehidupan anda melalui nilai dan dampak yang nyata serta memberikan makna pada tujuan-tujuan anda.

Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang besar, anda tidak perlu menghabiskan banyak uang, dan jika anda tidak tahu di mana untuk memulai, anda dapat berbicara pada beberapa orang bagaimana anda bisa membantu mereka. Anda bisa menjadi relawan di suatu tempat, berbagi beberapa informasi yang anda rasakan berharga atau membuang sampah tetangga anda. Bahkan tindakan membantu sekecil apapun yang didasari niat yang tulus akan sangat berarti.

Komitlah untuk membantu seseorang atau melakukan sesuatu yang berguna dan anda akan menemukan bahwa anda juga akan membantu diri anda sendiri.

Sumber : AkuInginSukses

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY