Olahraga Berlebihan Bisa Picu Gejala Mania pada Bipolar

Olahraga Berlebihan Bisa Picu Gejala Mania pada Bipolar

86
0
BERBAGI

Olahraga Berlebihan Bisa Picu Gejala Mania pada Bipolar

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh seseorang. Namun pasien bipolar, olahraga justru dapat memicu munculnya gejala mania.

“Ingat, olahraga memang membantu gejala depresi. Tapi bisa pula menstimulasi gejala mania kalau berlebihan,” ucap Alexandra Gabriella MPsi Psi CHt dalam Talkshow ‘Mengenal Tanda-tanda Bipolar dan Penangannya’ di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2017).

“Misalnya olahraga ada target menurunkan berapa kan itu jadi semangat kan. Dari situ hormon endrofin meningkat dan akhirnya memicu (gejala mania),” sambung Alexa.

Lebih lanjut, Alexa mengatakan olahraga bagi pasien bipolar sebaiknya dilakukan tergantunh pada kondisi tubuh. Misalnya ketika tubuh sedang merasa tidak bersemangat atau menunjukan gejala depresi.

Nah, ketika pasien bipolar sudah merasa terlalu bersemangat dalam berolahraga, Alexa menjelaskan untuk mengganti olahraganya menjadi olahraga yang lebih pasif. Seperti melakukan yoga.

Lantas, olahraga apa saja yang disarankan? Menurut Alexa semua olahraga boleh dilakukan pasien bipolar asalkan tidak dilakukan secara berlebihan.

“Apa saja yang asik sih, naik sepeda, jogging atau traveling. Tapi yang jelas kardio karena dapat meningkatkan mood positif,” pungkas Alexa.

SUMBER : DETIK health

LEAVE A REPLY